Saat hari menjelang malam, seperti biasanya gue pulang bekerja dari airport menuju lokasi rumah di citra raya. Karena dalam perjalanan terkena macet yang sungguh biadab, akhirnya gue pun memutuskan untuk singgah sebentar kerumah temen baik bernama Destio. Paling ya cuma sekedar ngopi ganteng (gak mungkin cantik) atau ngobrol-ngobrol sepik gitu, deh. Biasalah formalitas. Supaya tujuan utama gue tidak terlihat nyentrik: Numpang istirahat gratis. Hahaha.

Ketika berada diruang tamu, mata gue langsung tertuju pada seorang anak kecil yang terlihat sepintas agak hyper, dan pembicaraannya terbilang sok tua. Memang, anak kecil yang belaga sok tua, akhir-akhir ini sedang hitz. Misalnya abege yang udah ngerti dugem-dugeman gitu. Ya, tentu akibatnya  selera musik mereka pun akan ikut tergantikan oleh genre musik maha gaul yang suaranya kebanyakan didominasi nada  JEDAG-JEDUG-JEDAG-JEDUG.  

Pokoke begitulah.

Hmm.. maka jangan heran, timbul kecurigaan gue kalau mereka minum ASI kepada mamalia yang salah.

Namun, alhamdulillah. Anak kecil yang gue temui, benar-benar anak kecil seperti sedia kala. Lagunya pun masih standar dunia anak-anak. Gue sebagai manusia berjiwa muda nan budiman turut bersyukur. Dan pada detik-detik mata kita sudah saling berpandangan, ia menghampiri gue lalu berkata:

“Kak, masa mobil aku rusak.” sapanya dengan memasang muka melas sambil menunjukkan mainannya.
“Wah, iya. Udah rusak. Nanti dibeliin baru ya sama kakak... Hehe. (sialan, ini anak kode banget.) Oiya, adek kelas berapa? Udah sekolah eyumz?"
"Udah.. kelas C, kak."
"Oh.. masih tk dund, ya. Eyuz cita-citanya nanti mau jadi apa hayo?." Gue kembali bertanya. Lagi-lagi dengan sok nada unyu.
"ACONOT, KAK! ACONOT!" jawabnya dengan suara berkobar-kobar.

...... ( gue speechlees)

"Eh, yo. Aconot apaan, sih? Hahaha." Gue bertanya ke Destio.
"Astronot, Mat. Astronot. Yaelah, ketahuan gak pernah kecil lu!"
"Ye.. cetan."
"Hahaha..."

.....

Ya, kejadian ini seketika mengingatkan gue mengenai sesuatu. Cita-cita menjadi seorang astronot adalah keinginan gue sewaktu dulu. Menurut gue pribadi, menjadi astronot itu suatu hal yang terbilang kerennya kebangetan. Karena merupakan hal gila, ketika kita bisa menyaksikan langsung keindahan semesta diluar angkasa. Kalau ditanya mengenai "kenapa ingin menjadi astronot" jawaban gue sangat simpel. "Mau melihat bulan dari deket, mau melihat bumi dari atas langit". Dan.. sesekali saat gue membaca artikel tentang manusia yang sedang menelusuri planet-planet. Ingin rasanya juga, gue menapaki satu persatu planet di luar angkasa. Terutama planet mars, yang (katanya) bisa menjadi tempat hidup lain manusia planet bumi. Bukan hanya itu, kalau benar-benar bisa menjadi astronot pasti gue akan dikenal oleh dunia.

Namun, sampai suatu saat, semakin hari rasanya gue semakin tersadarkan. Bahwa cita-cita menjadi astronot itu tidak relevan dan logis. Gue sama aja membiarkan diri gue bercita-cita menjadi superman, atau berubah bentuk menjadi hulk. Thats impossible, man! Itu cuma sekedar fantasi belaka. Dan memang setelah gue survey, dan melihat penilaian orang banyak, mereka kebanyakan berkesimpulan: secerdas apapun usaha kita belajar sains atau matematika,sangat kecil kemungkinan untuk berhasil menjadi astronot.

Ya, itu adalah sebuah persoalan yang membuat gue merubah patokan, dan menjadi lebih realistis. Hehe.

.....

Anyway, kalau dipikir-pikir lagi, pemahaman gue tentang astronot tidak semua bisa dibenarkan. Mungkin gue terlalu banyak menggunakan otak kiri. Jadi kebanyakan berpikir rasional. Walau begitu, itu tidak mengubah gue untuk pindah ke lain hati. Sampai detik ini, gue pun masih tetep menjadi penikmat hal-hal yang berbau angkasa. Seperti halnya, gue sangat menyukai film bertema luar angkasa: Star Wars, Star Trek, Wall-E, dan masih banyak lagi. Hehehe.

Dan tidak sengaja, terlintas dipikiran gue untuk mengganti sebuah header yang berkonsep astronot di blog. Lagipula, header sebelumnya tidak sinkron lagi. Ya, dikarenakan semenjak hilang dari peredaran, laptop yang biasa gue gunakan akhir-akhir ini jarang sekali dipakai untuk menulis. Pas banget, kan! Maka, tanpa ba-bi-bu, gue pun langsung merealisasikannya dengan penuh semangat yang brutal. Gue mengirimkan sebuah teks message via Whatsapp kepada teman yang dari dulu udah langganan banget membantu gue dalam hal ini. Manusia tersebut bernama Shakti Nugroho. Kemampuan beliau dalam menggambar, patennya sudah sangat keterlaluan. Maka hasil yang ia ciptakan pasti membuat hati  gue srek kebangetan. (semoga dengan puja-puji begini, selanjutnya dikasih gratisan. Huahahaha)

Eng.. ing.. Eng...



Hahahaha. Gimana?

Well.. for guys, guys, yang berminat pesan gambar berkonsep sesuai dengan apa yang diinginkan. Bisa juga kok minta bantuannya si Shakti. Tentu tidak gratis keleus. Perlu yang namanya kompensasi sebagai bentuk apresiasi sang artwork. Insya allah worth-it kok sama proses pembuatannya. Hehe.  More info, bisa kirim mention ke twitter: @shaktinugroho.

Sekian!

56 comments:

  1. Kalo jaman masih kecil mah jadi apaan aja kayaknya mungkin Mat.. kalo masih kecil udah pesimis malu sama kucing lah.. meong meong meong..

    Gue dulu waktu kecil waktu ditanya mau jadi apa, gue jawabnya pengen jadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.. gue memang selangkah lebih maju dari anak kecil pada umumnya.

    btw... keren banget Mat headernya. Gue takjub ngeliatnya... gue mau order jadi minder sama ongkosnya... kira2 sadis gak ya :D

    cuma masih kosongan tuh, gak ada tagline dan sejenisnya... ato masih belum kelar ngeditnya ya?:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya cita-cita astronot yang lebih serius, ketika gue udah menjajaki bangku SMP, bang. Hahaha. Tapi, seiring berjalannya waktu lama-lama gue pesimis dan lebih realistis aja gitu. :))

      Harganya insya allah bersahabat, bang. Udah dikasih tau kan via chat barusan. :p

      Udah kelar, bang. Dan memang apa adanya seperti ini. Gue bingung mau nambahin apa... nanti coba deh pikir2 dulu. Hahaha.

      Delete
  2. Ini postingan dalam rangka promosiin Mas Shakti, ya? Mas Shakti Kuas Hitam? Tapi emang bener sih gambar beliau ngga perlu diragukan lagi ya Bang.
    Ps. Ini merupakan komentar terselubung. Semoga Mas Shakti baca. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga sih, Ma. Ini postingan dalam rangka pamer terselubung dan sedikit ucapan terimakasih aja. Hehehe. :p

      Delete
  3. Hahahah pas ngomong sama anak kecilnya kok sok unyu gitu sih ahh.
    Gue juga dulu pernah kepengen jadi astronot, keren aja gitu jalan-jalan ke angkasa, anti mainstrea banget. Makin kesini ya sama, makin realistis. Da gue apa atuh. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis anak kecilnya sok unyu duluan, sih. Gue kan jadi ikut terbawa suasana. Hahaha.
      Wih... cita-citanya samaan nih pas masih kecil. Terus sama-sama berubah pikiran juga. Pantes situ cocok sama Adi. #Lhakokmalahgitu

      Delete
  4. ternyata ide ganti header tu gara2 itu ya Mat.. aconot aconot aconot haahaaaa

    Namanya juga anak kecil kalo ngomong ya gitu sok unyu, tapi kalo km ga ketemu anak kecil adik itu pasti km ga kepikiran dg yg namanya aconot. Plus lebih asik lagi malah mengingatkanmu tentang impianmu di masa kecil kan??

    Aku suka film luar angkasa juga Mat terutama Wall e, eh boleh dong kenalan sama Shakti... ehhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak Mei. Bener juga apa yang kakak katakan. Saya harus mengucapkan rasa terimakasih kepada bocah itu karena telah berkontribusi dalam menuangkan ide untuk header. Hehe. Terutama nama lain astronot. Mudah2an.. aconot masuk dalam KBBI, ya. Hahaha.

      Boleh, kak. Upahnya pake voucher kegantengan ya.

      Delete
    2. Iya kamu mesti beliin anak kecil itu cokelat dan jangan lupa cokelatnya dikirim juga ke aku Mat hahaha

      Aduh jangan sampe aconot masuk kbbi, alay ntar jadinya :(

      Delete
    3. Dunia kita memang sudah terkontaminasi oleh virus alay kak. :p

      Delete
  5. weh, impian sejak kecil nih, menjadi astronot.
    tapi sampai sekarang saya gak pesimis, walau gak bermimpi lagi jadi astronot, tapi masih bermimpi ingin bisa jalan-jalan keluar angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat..... jangan patah semangat kayak gue. :'(

      Delete
  6. Awal ceritanya menginsipirasi banget, mat. Tapi... endingnya kok terselubung gitu. :D

    Zaman emang dari dulu seperti itu, gue malah kadang pengen jadi Albert Einstein, tapikan kalo jadi dia, gue mati dong.

    Masa kecil emang seru banget, nyampe sering membuat gue kadang ketawa sendiri (bukang gila) tapi karena serunya itu lho.. Ngerasa bebas gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Her. Elu ga perlu jadi albert einstein. Elu cukup jadi diri sendiri. Karena kalo elu menjadi orang lain, orang lain mau jadi nanti... bingungkan.

      Delete
  7. gak ada yang gak mungkin kok. Kali aja nanti ada yang ajak lo ke planet pluto? siapa tau wkwkwk...

    Dulu mimpi gue jadi dokter, emang mainstream dan sekarang gak punya mimpi -_-

    btw salam kenal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener. Siapa tau aja lo yang ngajak gue ke pluto ya. Ahayde.

      Salam kenal juga. Hehe.

      Delete
  8. Lu masih Keren cita-citanya sob, cita-cita ane dari kecil cuma pengen ngerasain gimana ademnya naik awan kinton, & belum kesampean sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih.. cakeps. Tapi darimana lo naik awan kinton adem?:))

      Delete
  9. lu udah ketuaan mat kalo mau mempelajari tentang cita-cita lo dulu, yaitu menjadi astronot. iya lo udh tua..

    mungkin karena niat itu belum sepenuhnya ada di dalam hati lo mat, lo cuman asal-asalan jawab ketika ditanya 'kalo gede mau jadi apa?' makanya kedepannya juga ya, cita-cita lo jadi berubah apalagi melihat kenyataan di indonesaia yang gue tau sih susah banget buat jadi astronot. kalo jadi tukang cendol mungkin gampang :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biadab lo, fik. Haha...

      Iya juga sih. Tapi jadi tukang cendol susah ah kalo dagangnya di tanjakan.

      Delete
  10. Sedih Matt, dari tahun lalu aku juga pesen sama dia tapi sampai sekarang nggak ada hasilnya -.- bagus yaaaah Matt..emang masa kecil tuh mau jadi apaaaa aja kayaknya bisa..tapi smakin dewasa kitanya semakin realistis dan menganggap semuanya terlihat susyah. hiduuuup...hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesen lagi coba kak mey.. mungkin komunikasi ga lancar. Dan nyatanya memang begitulah hidup.

      Delete
  11. Sama nih aku sampe sekarang juga pengen jadi astronot :D
    Itu ngomong sama anak kecilnya sok imut banget, hahaha :p

    ReplyDelete
  12. cita-cita astronot mah masih logis bang walaupun peluangnya emang kecil banget. nah mungkin usahanya aja yang harus lebih 'gila' dari orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logis sih, tapi ya gitu kan. Lo tau sendiri. Huehehe.

      Delete
  13. menurut gue sih, keren aja punya cita-cita astronot. cita-cita yang mirip upin ipin, apa upin-ipin nyontek cita-cita di lo ? #hanyamereka yang tau

    ReplyDelete
  14. Bang shakti mau juga dong di gambarin haha

    ReplyDelete
  15. Postingan ini jadi ngebawa ke cita-cita waktu kecil, yang pada akhirnya ga bisa direalisasikan. Haha saya pernah pengen jadi detektif, ga realistis banget ya?=))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi detektif masih realistis kok. Arahnya masih bisa dihubungkan ke BIN. :p

      Delete
  16. Gue jadi ingat sewaktu TK dulu disaat guru nanya pengin jadi apa, teman-teman pada jawab "guru", "dokter" dsb. Dan gue dengan mantep menjawab pengin jadi guru ngaji. Hmm.

    Gue juga pernah pesen sama gambar buat header blog sama Shakti. Hasilnya? Amazing.

    ReplyDelete
  17. Bermimpi sih boleh aja kok, kan gratis hehehhehe....jd astronot mungkin emang susyaaahhh, coba aja minimal kerja di peneropongan bintang :D
    salam kenaaall jgn lupa mampir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ga perlu jadi astronomi buat bisa kebulan. Gue pernah baca, ada seorang yang berprofesi guru bisa ikut seleksi kesana. Cuma ya gitu...

      Delete
  18. Wah, Sama... Dulu juga waktu masih SD cita2 widya pengen jadi astronot wati biar bisa pergi ke bulan :D

    ReplyDelete
  19. Ahh aku mah dulu ga pernah kefikiran buat jadi Astronot, manjat pohon duren depan rumah aja ga bisa masa mau jadi astronot #lah sekarang juga sama ga kefikiran juga, sekarang aku mikirinnya cara gimana biar berat badan cepet turun *mlahcurhat* #maafkeun :)

    ReplyDelete
  20. Salah satu cita-cita gua waktu kecil yang paling logis: jadi power ranger. Sampai akhirnya gue gede dan tau, cita-cita itu gak ada logisnya sama sekali :|

    Gambarnya keren. Kalo udah mesen lebih dari satu kali, kayaknya bakal ada yang ke-3, ke-4, dst. :D

    ReplyDelete
  21. Shakti gambarnya emang sakti Mat. Kalo kata ledekan orang sosmed sih, jadi astronot itu gampang, ke Bekasi aja.

    ReplyDelete
  22. Untung macet, untung ketemu anak kecil, jadi header baru nih...mas sakti jadi untung ...hehe

    ReplyDelete
  23. Ngahaha, gapapa kali kebanyakan mikir pake otak kanan. bisa kreative lho otak kanan itu.
    gk ada salahnya jadi astonot, ahaa. tp kyknya belum ada ya astronot dr indonesia. lo bisa jadi org pertama :-D

    ReplyDelete
  24. Bentar. gua mau ngebayangin lo lagi ngomong sok unyu. hmmm. oke. gua jijik.
    semoga dengan header baru ini lo makin semangat ngeblog lagi ya.
    btw, lo kerja di airport jadi apa? tukang tambal ban pesawat?
    jangan2 kejadian air asia kemarin gara-gara lo?

    ReplyDelete
  25. Baiklah, ini adalah postingan header baru, keren, ganteng tapi tep gantengan gue ya :)) :p

    ReplyDelete
  26. wah, imut amat aconot. hahaha..
    eh, rumahnya di citra toh. citra berapa nih?

    ReplyDelete
  27. Secara gak langsung cerita cita-cita pas kecil ada sedikit rasa pengen ngucapin terimakasih sama Sakti. Dari kecil kalau ditanya pengen jadi apa selalu berubah-ubah. Gak tahu labilnya kebangetan, cuma pas bisa mikir aja nentuin cita-cita yang mesti bisa jadi kenyataan. Pas SMA si tepatnya pengen jadi guru.

    Btw, headernya keren binggo.

    ReplyDelete
  28. hahaha...lucu pas anak kecilnya ngomong aconot. Pasti ngegemesin banget dan bikin pengen nabok..

    Waaah...boleh di coba tuh jasa artwork temen lo, soalnya gue lemah banget masalah bikin gambar gini.

    ReplyDelete
  29. Gue waktu kecil pengin jadi GEDE.. *otak gue memang sempit sejak kecil. Hiks~

    ReplyDelete
  30. sama kayak cita-citanya si upin-ipin :p

    cita-cita gue dulu... kok nggak jelas ya :'

    ReplyDelete
  31. Astronot kan gajinya gede. Pinter tuh anak kecil. Hahah :D

    ReplyDelete
  32. Gw perna kecil tapi ampe sekarang kalo ngobrol ama anak kecil suka ngak nyambung dan gemesin ahahaha. Gimana kalo ngak perna kecil yaaaa, pasti tuch anak kecil gw mutilasi saking kesel nya :-9

    ReplyDelete
  33. Saya udah baca di #artwork milik mas Shakti dan langsung pen melihat karyanya yang baru buat blog ini. Two tumbs up....

    ReplyDelete