Perasan kangen dengan mantan seringkali dirasakan banyak orang, karena sesungguhnya kangen mantan adalah hak setiap jomblo yang masih belum bisa move on.

Walaupun sebenernya gue jomblo juga. Ah, nggak... Gue single maksudnya. Akan tetapi, gue nggak pernah berlarut-larut dalam kesedihan dengan bermeditasi di suatu goa yang penuh oleh kesunyian. Apalagi sampai mengurung diri ke kamar, belum makan seharian, menangis, sambil mendengarkan lagu Goodbye by Air Supply. Aduh..... bukan gue banget, deh!

Ya, paling jikalau gue sedang mengalami kegalauan,

NYILET-NYILET TANGAN SENDIRI.

Nggak, dings. Bercanda. Hehehe.

Gue heran ketika ada seseorang yang setiap kali membahas mantannya pasti mereka beranggapan "gagal move on". Mereka itu belum berpikir panjang. Emang setiap bahas mantan, udah fix banget gagal move on, ya? Kalau menurut perkiraan gue, sebenarnya jawaban tepat dari segala yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah, "IYA, EMANG BENAR!"Kampret.

Oke, baiklah.

Sekarang gue ingin menceritakan atau bisa dibilang mengenang momen indah bersama mantan pacar. Bukan berarti gue gagal move on. Sebagai seorang bijaksanawan, gue harus melakukan suatu hal yang baik-baik. Termasuk menjadi mantan yang baik juga. Bukannya malah saling menjelekkan, ketika gue udah putus hubungan dengannya. Karena bagaimana pun juga. Mantan itu pernah mengisi hidup kita, dan membuat hari-hari menjadi lebih indah.

Kecuali, kalau mantan kalian nge-jelekin duluan. Saran gue cuma satu, TEK BALIK!

***

Ketika masih berstatus pelajar SMA, hari-hari gue terasa sangat menyenangkan karena pada saat itu gue mempunyai seorang wanita yang pernah menjadi penyemangat dalam hidup. Pertama kali gue mengenalnya, sewaktu pengguna blackberry masih merajalela di muka bumi, dan jurus tukang halus masih efektif dilakukan pada seorang wanita. Belum ada kata-kata biadab yang membuat cowok jadi mendadak sekut, "Dasar, modus lo!". Serius, nggak ada.

Hingga pada akhirnya, ada sosok wanita khilaf menerima gue dengan tulus tanpa ada tantangan berat yang membentang. Padahal gue hanya bermodalkan suatu jurus-jurus klasik yang udah mainstream banget. Maklum, tingkat romantisme gue untuk seorang cowok bisa dibilang cukup rendah. Serendah tingginya Rico Ceper.

Anyway,

Pada tanggal 11-11-2011, kita resmi menjalin sebuah hubungan.

Semenjak pacaran dengannya, keseharian gue jadi lebih berwarna. Dia sering membangunkan di pagi hari. Entah lewat telfon, sosial media, bbm, atau pun sms. Di dalamnya selalu ada kata-kata manis ditambah dengan emoticon yang merubah suasana hati serasa semakin sejuk, "Bangun, sayang. Udah pagi tauuuu! :*" Dan itu pun telah menjadi moodboster gue setiap paginya.

Selama pacaran, gue jadi tahu semua hal-hal unik pada dirinya. Semisal, dia paling ketakutan saat melihat hewan qurban di potong, dan dia juga paling nggak bisa menghirup bau-bau kambing. Karena, setiap kali dia menghirup bau kambing, wajahnya langsung merah merona, matanya berair, kepalanya langsung pusing seketika alias mendadak mual. Maka dari itu, otomatis gue pun selalu menghindari tempat yang berkaitan aroma kambing pada saat jalan dengannya.

.....

Beberapa bulan telah berlalu, hari yang udah gue tunggu-tunggu selama ini akan tiba. Karena sebentar lagi, dia akan merayakan hari ulang tahunnya. Hehe.

Gue pun langsung memutar otak untuk mencari rencana yang brilian, supaya di hari spesialnya dia mendapatkan 'something special' juga. Gue nggak mau dia kecewa, merasa gue nggak melakukan apa-apa untuknya. Walhasil, atas saran-saran dari teman dan Tuhan yang maha baik, gue mendapatkan ide-ide yang jitu.

Empat hari sebelum hari ulang tahunnya tiba, gue sengaja memutuskan komunikasi dengannya. Yap, itu lah rencana gue ingin membuat dia marah-marah sama gue dulu. Alhamdulillah, rencana ini berjalan sebagaimana mestinya. Gue mendapatkan banyak sekali miss call, bbm, dan sms dari doi. Pokoknya udah kayak debt collector yang sedang memburu si penghutang, deh. Bahkan, dia juga menulis di timeline twitternya seperti ini,


Kemudian... sampai pada akhirnya, suatu momen yang indah sukses terciptakan. 

Dengan sedikit rezeki, gue membeli boneka teddy bear warna pink yang berukuran sangat besar, ditambah kue ulang tahun yang gue pesan jauh-jauh hari di sebuah toko kue dekat rumah. Lalu  pada saat waktu telah menunjukkan tepat jam 12 malam, gue pun langsung bergegas menuju kerumahnya dengan ditemani oleh dua orang sahabat yang bertugas untuk mebawa barang tersebut.. Sempat terjadi sedikit accident, karena kue tersebut berantakan akibat goyangan motor yang sedang melaju cepat Tapi pikiran gue udah bodo amat, yang penting usaha. Dan berharap dia menghargai perjuangan gue.

Sesampainya dirumah doi, gue langsung menelfon... perkataan seperti hal cewek pms dikeluarkan dengan begitu garang "Kemana aja, lo? Nggak ada kabar. Bagus banget,ya!!!" gue menjawabnya dengan nada santai, plus merdu layaknya mike mohede bernyanyi. "Hehehe, kamu keluar rumah dulu sekarang. Aku di depan rumah kamu." tanpa pikir panjang, dia langsung segera menuju ke depan rumah. Tumben gengsinya nggak gede. Nggak ada yang namanya acara ambekan dulu.

'N.... DUAR!!!!


Sambil memegangi kue ulang tahun, memasang wajah stay cool, akhirnya kita kembali dipertemukan dengan damai.

Dia pun terkejut saat memandangi gue. Dan spontan langsung memukul-mukul kecil ke badan gue, yang membuat gue sedikit kesakitan. Apalagi pas sewaktu dicubit, gue agak meringis, huft... Sumpah, gue emang paling trauma yang namanya dicubitin. Namun gue tetap bersyukur, belum ada serangan militer yang diarahkan ke gue. Hehe. Meskipun begitu, terlihat jelas saat gue memerhatikannya. Wajah yang kesel, tapi bahagia sedang berusaha menahan air mata. Sontak dia pun langsung memeluk gue dengan erat. Ya, alhamdulillah gue bisa menang banyak walau badan gue sakit-sakitan.

"But... this is a sweet moment in my life"

***

Hubungan gue dengan dia sekarang biasa aja. Seseorang yang dulunya gue anggap sebagai teman hidup telah menemukan orang yang dia cari selama ini, dan itu bukan gue. Kini semua cerita dengan dia hanya masa lalu. Gue nggak perlu lagi menoleh ke belakang, karena di depan sana ada sosok bidadari yang menunggu walau gue belum tahu siapa. Tapi gue percaya, semua makhluk itu telah memperoleh takdirnya masing-masing. Termasuk soal jodoh.

Akan tetapi, ada satu pelajaran yang bisa gue ambil dari kisah ini. Nggak selamanya mantan adalah sampah yang harus kita buang jauh-jauh. Walaupun sekarang gue udah nggak pernah berhubungan lagi. Tapi gue harus ingat juga, dengan dia gue pernah merasakan momen-momen indah bersamanya. Gue berterimakasih, karena tanpanya mungkin gue bakalan awam tentang percintaan. Jadi, menurut gue nggak ada masalah untuk mengenang kembali momen manis tersebut.

Ya, kecuali kalau kalian hanya mendapatkan kenangan pahit bersama mantan karena dijadikan sebagai tukang ojek gratis. Itu mah racunin aja pakai obat antimo 5 kilo. :p

P.S: Terpaksa menulis ini (((sepik))).

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"

33 comments:

  1. So sweet, kemana aja lo? ? ?
    hehe
    waktu cewek lu ngomong gitu dia uda nyiapin rencana buat ng'bunuh loe,
    tapi, eh, malah di kasi kejutan, ya jadinya nusuk2 diri sendiri, kepincut2 gimana gthu hati si cewek. . .

    keren. . .

    ReplyDelete
  2. Hari jadian nya itu di sengaja? 11-11-11 gitu.

    Kejam banget sampe selama itu ngerjain nya, aku sih pernah juga. Cuma 2hari sebelum.
    Lah ini 4 hari?

    Untung si cewek nya gak bilang putus.
    Ngenes banget kalo nyampe di rumah, tau kamu di depan rumah "KITA PUTUS"
    nah loh

    ReplyDelete
  3. Hubungan gue dengan dia sekarang biasa aja. Seseorang yang dulunya gue anggap sebagai teman hidup telah menemukan orang yang dia cari selama ini, dan itu bukan gue. Kini semua cerita dengan dia hanya masa lalu. Gue nggak perlu lagi menoleh ke belakang, karena di depan sana ada sosok bidadari yang menunggu walau gue belum tahu siapa. Tapi gue percaya, semua makhluk itu telah memperoleh takdirnya masing-masing. Termasuk soal jodoh.

    lu nulis ini pasti sambil soweran sama gayung yak, kasian amattt..pertamanya so sweet, bela belain beli kue segambreng sama bone segabann, taunya sekarang doain dia hidup bahagia bsama orla..sabar yaaakkkk...

    ReplyDelete
  4. inget mantan itu nggak selalu berarti gagal move on loh...kn cmn "look back"..bukan "go back"...cmn ngeliat doang..nggak kembali k masa lalu...

    wah..so sweet bangett..teddy bear gede..kue ultah... jadi ceritanya terpaksa nulis demi BA nih...
    oiya..it foto2 yg brhubungan sma mantan msi dkoleksi ya trnyata... bahahahaaha...

    ReplyDelete
  5. Bang, itu foto capturenya masih disimpen sampai hari ini? Hahaha kasian banget lho nyampe bikin tweet mengenaskan gitu. emangnya ngga satu sekolah ya? Padahal kan bisa lho kalo lagi ngga ada kabar, datengin kelasnya, datengin rumahnya hahaha.
    Iya. Semoga Bang Mamat juga segera menemuan tambatan hati ya :p

    ReplyDelete
  6. ahahaha, parah diracunnin antimo! tapi bagus juga tuh.

    bagus, kamu memang dewasa yah, menjadikan mantan bukan sampah. tapi mungkin kamu jadikan dia limbah?

    gudlak best artikelnya!

    ReplyDelete
  7. Gue ngga bisa seromantis elu, Mat. Dan itu bener juga ya kata si Asma, fotonya masih disimpen. Auooooo~~

    ReplyDelete
  8. Ini elo nulisnya nggak sambil nangis kan, mat? haha
    Tapi keren lah. kalo kata orang-orang mah so sweet gitu, malem-malem ngasih kejutan langsung krerumahnya. Untung aja nggak disangka maling huehehe
    Mantan adalah jodoh orang lain yang nggak sengaja nyasar di orang yang salah.

    ReplyDelete
  9. Gapake hastag gagal move on nih, Mat? hahahaha :D

    ReplyDelete
  10. Untung dianya ada d rumah, kalo dianya ga ada, terpakasa harus nunggu, dan saat dia balik eh diantar cowok lain..... #ituNjleb...

    gue pernah denger dari orang, "katanya ga ada yg namanya mantan terindah, karena kalo indah ga bakalan jadi mantan.kecuali mantannya namanya indah."
    kalo memang mantannya terindah, coba ceritakan ke pacar kamu yg baru nanti smabil ngomong "dia mantan terindah aku lo"

    #gituKatanya

    ReplyDelete
  11. Cie—cie...
    *tapi kereng banget kamu mas, bisa menghumor dengan cerita nostalgia bersama mantan pacar.. emangnya perasaan sakit itu ngga muncul lagi??
    Itu yang paling aku kagumi dari sosokmu mas,. Walau disakiti masih bisa bernostalgia dengan cerita indah di masa lalu bersamanya..

    Hemz.. aku baru tahu kalau orang pacaran ternyata modelnya seperti itu ya.. mau pukul-pukul kecil-kecilan dan cubit-cubitan.. so sweat nih,, haha

    ReplyDelete
  12. padahal moment yg pernah kalian lalui so sweet.
    tapi ujung2nya malah putus.
    tanggal jadiannya unik lg.
    wah syg bgt.

    itu foto kue ma bonekanya dihhh bgusnya.

    gudlak tuk best article nya ^_^

    ReplyDelete
  13. Aiihh... sabar ya. Emang sih kenangan manis sama mantan itu ada. Tapi, lukanya pun pasti ada. Apalagi setelah putus. Mana udah beli kue, boneka, bela-belain tengah malem ke rumahnya. Hmm.. tapi nggak masalah. Kan, life is never flat. Jadi harus banyak kenangan :D

    Btw, kasian juga ya ceweknya dijailin empat hari gitu. Pasti BT banget deh. Seriusan.

    ReplyDelete
  14. jadilo punya kenangan maniss nih, sama mantan bang ?? selamet deh. kalo gue sih, mantan gue bikin enek semua -___-"

    ReplyDelete
  15. keren tuh tanggal jadiannya, tapi ga ngaruh ya sama kelanggenan masa berpacaran

    ReplyDelete
  16. Ternya sosok bang Mamad itu romantis dan penuh kejutan wkwk. Haduh, mengenang masa lalu itu 'sesuatu banget' ya. *brb mikir masa lalu*

    ReplyDelete
  17. gejolak kaum kawula muda emang gak bisa dihindarin.. semangat menemukan bidadari nya. \:o/

    ReplyDelete
  18. wuih gue suka banget tanggalnya haha, mantan bisa jadi orang yang terkenang atau terbuang itu tergantung sudut pandang masing-masing dan aku setuju sudut pandangmu patut diapresiasi :)

    ReplyDelete
  19. satu hal yg pasti "buanglah mantan pada tempatnya" #eh

    ReplyDelete
  20. I feel you bro. Do the best for her, make a surprise, wahh bener bener kenangan terindah. :))

    ReplyDelete
  21. Mudah-mudahan mantan lo itu baca tulisan ini ya, bro..
    Ya, biarpun (mungkin) cewek lo udah move on. Tapi seenggaknya dia tau kalo 'mantannya' masih bisa kangen, mengenang masa-masa indah bersama. Mengenang Teddy Bear maksudnya..

    ReplyDelete
  22. gila .. elu jadi cowok sangar juga ,,, kuat banget 4 bulan menghadapi penderitaan enggak ada kabar demi surprise yang mahagaul ini.

    Gue setuju banget dengan kata2 elo kalo enggak selamanya kita harus menjelek-jelekkan mantan hanya karena kita udah enggak bareng llagi..

    nice post!

    ReplyDelete
  23. cerdas brooo, kali-kali mantan lau ngebaca post ini terus ngajak balikan gitu, eh tapi abis itu putus lagi sik. :p
    nice post brooo!

    ReplyDelete
  24. hmmm....loe memang mantan yang baek...salut gue!
    Pasti mantan loe bangga*Terenyuh...

    ReplyDelete
  25. Se-playboy-playboy-nya gue kalo jadian balik ke mantan juga. Namanya juga mantan terindah.

    Btw, template baru. Lebih suka yang lama gue hahaha.

    ReplyDelete
  26. Goodbye by Air Supply. Lama udah gak denger lagu itu lagi.

    endingnya gak nahan apalagi lo punya anggapan yang keren, mantan gak selamanya sampah yang harus dibuang itu cuma orang-orang yang gak kenal rasa bersyukur aja, Padahalkan mantan banyak ngasih pelajaran meskipun smapai sekarang maish gak tahu pelajaran apa, apa matematika, IPA, atau bahkan biologi.

    Sukses, BA. Keren banget

    ReplyDelete
  27. Lu kayak tipe-tipe cowok di FTV. Yang kayak elu gini biasanya bikin mantan kepikiran mulu, bisa juga malah nyesel udah putus sama lu. Haha..

    ReplyDelete
  28. Pernah ngerjain mantan dgn cara gini, pada akhirnya perang hebat wkwkwk.

    ReplyDelete
  29. wawawa... kasian amat lu sob? emang putus knp?

    ReplyDelete
  30. weeheheh ini keren, ajaib, malang, senang, atau apa? :v

    ReplyDelete